Cara meredakan pusing kepala ada beragam, baik melalui perawatan sederhana maupun penggunaan obat-obatan. Berbagai cara ini dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama agar pusing segera mereda dan membuat Anda kembali beraktivitas.

Pusing merupakan keluhan yang ditandai dengan rasa seperti melayang, berputar, atau ingin pingsan. Keluhan ini dapat dialami oleh siapa saja dan gejala yang dirasakan akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

9 Cara Meredakan Pusing Kepala yang Efektif dan Cepat - Alodokter

Pusing dapat terjadi akibat kurang tidur atau adanya tekanan berlebih pada kepala. Namun, beberapa kondisi lain, seperti rendahnya kadar magnesium di dalam tubuh, vertigo, dan dehidrasi, juga bisa menyebabkan pusing. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara meredakan pusing kepala yang mudah untuk dilakukan.

Beberapa Cara Meredakan Pusing Kepala

Cara meredakan pusing kepala pertama-tama dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Penanganan yang tepat perlu dilakukan agar keluhan pusing yang muncul dapat mereda dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa cara meredakan pusing kepala yang dapat dilakukan:

1. Mengurangi tekanan pada kepala

Cara meredakan pusing kepala yang sederhana adalah dengan mengurangi tekanan pada kepala. Tekanan yang dimaksud bisa berupa penggunaan bandana atau ikat rambut yang terlalu kencang, maupun penggunaan topi atau helm yang terlalu lama.

Dengan melepaskan berbagai benda tersebut, tekanan di kepala tentunya akan berkurang dan keluhan pusing pun akan mereda.

2. Memperbanyak minum air putih

Pusing kepala bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi. Umumnya, pusing akibat dehidrasi akan disertai dengan beberapa keluhan lain, misalnya lemas, mudah lelah, dan kehausan berlebih. Dengan mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari, berbagai gejala dehidrasi, termasuk pusing, pun dapat diatasi.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium

Keluhan pusing kepala juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh memiliki kadar magnesium yang rendah. Cara meredakan pusing kepala yang bisa dilakukan tentunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium.

Peran magnesium sendiri dalam meredakan pusing adalah dengan menurunkan kadar senyawa kimia yang menyebabkan pusing, serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Perlu diketahui bahwa magnesium tidak diproduksi oleh tubuh. Untuk mendapatkan asupan nutrisi ini, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya akan magnesium, seperti bayam, sawi, ikan tuna, kedelai, pisang, dan alpukat.

4. Mencukupi waktu tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami stres. Kondisi stres menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres dan dipaksa berada dalam kondisi siaga.

Nah, istirahat atau tidur yang cukup sebanyak 7-9 jam sehari mampu menurunkan kadar stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dengan melakukan cara meredakan pusing kepala ini, keluhan pusing pun bisa berkurang.

5. Memijat kepala

Bila Anda mengalami pusing yang disertai sakit kepala, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pijat sakit kepala. Jenis pijat ini dilakukan dengan cara menekan titik-titik tertentu di bagian tubuh menggunakan teknik akupresur.

Pijat sakit kepala bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, termasuk aliran darah di area kepala. Dengan begitu, otot di sekitar kepala menjadi rileks dan keluhan pusing pun mereda.

6. Menggunakan minyak esensial

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial dari jahe, peppermint, dan lavender sebagai cara meredakan pusing kepala. Ketiga minyak esensial tersebut mampu bertindak sebagai aromaterapi yang dapat meredakan keluhan pusing kepala.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan minyak esensial secara langsung ke dahi atau menghirup minyak esensial yang sudah diteteskan ke dalam diffuser.

7. Mengonsumsi ginkgo biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh, termasuk aliran darah menuju otak. Hal inilah yang membuat tanaman ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara meredakan pusing kepala.

Anda dapat mengonsumsi ginkgo biloba dalam bentuk suplemen, sesuai aturan yang tertera pada kemasan atau saran dari dokter.

8. Mengonsumsi jahe

Jahe juga termasuk tanaman herbal yang dapat dikonsumsi untuk meredakan pusing. Jahe memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang dapat melancarkan aliran darah, sehingga pusing kepala yang Anda rasakan bisa menghilang dengan cepat.

Anda dapat mengolah jahe menjadi teh herbal atau sekadar merebusnya dengan air lalu meminum air rebusan tersebut. Bila ingin yang lebih praktis, Anda juga bisa mengonsumsi jahe yang telah diolah menjadi suplemen.

9. Mengonsumsi obat-obatan

Jika berbagai cara meredakan pusing kepala di atas sudah Anda lakukan tetapi keluhan tidak kunjung menghilang, Anda bisa mengonsumsi beberapa obat untuk mengatasinya. Obat diphenhydramine dan betahistine dapat dikonsumsi untuk mengatasi pusing dengan rasa kepala terasa berputar atau vertigo.

Selain itu, bila pusing disertai dengan sakit kepala, migrain, atau demam, mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol, dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan keluhan.

Berbagai obat-obatan tersebut dapat dibeli secara bebas di apotek. Namun, Anda tetap harus memperhatikan aturan minum pada kemasannya atau berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui aturan pakai yang sesuai.

Pusing kepala bisa menjadi tanda suatu penyakit serius yang perlu mendapatkan penanganan segera. Jika berbagai cara meredakan pusing kepala sudah Anda terapkan tetapi keluhan tidak kunjung sembuh atau disertai dengan gejala lain, seperti muntah, sesak napas, kelumpuhan, bahkan kehilangan kesadaran, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit terdekat.