Colchicine adalah obat untuk mengatasi nyeri akibat serangan gout yang terjadi tiba-tiba. Obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah kambuhnya serangan gout (penyakit asam urat) yang ditandai dengan rasa nyeri hebat di sendi, seperti sendi ibu jari atau lutut, akibat peningkatan kadar asam urat.

Colchicine bekerja dengan cara menghentikan pembentukan protein khusus, sehingga bisa mencegah aktivasi dan pergerakan sel darah putih jenis neutrofil ke area peradangan. Dengan begitu, keluhan bengkak dan nyeri sendi akibat serangan penyakit asam urat akan mereda.

Colchicine hanya digunakan untuk meredakan nyeri akibat penyakit asam urat, bukan untuk meredakan nyeri akibat kondisi atau sebab yang lain.

Merek dagang colchicine: Ar-gout, Colchicine, Colcitine, Frigout, L-Cisin, Nucine, Pyricin, Recolfar

colchicine-alodokter

Apa Itu Colchicine

Golongan Obat resep
Kategori Obat urikosurik atau anti-gout
Manfaat Mencegah dan meredakan serangan gout akut
Dikonsumsi oleh Dewasa
Colchicine untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Colchicine dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi kepada dokter.

Bentuk obat Tablet

 Peringatan Sebelum Mengonsumsi Colchicine:

Colchicine hanya boleh dikonsumsi sesuai resep dokter. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat ini, antara lain:

  • Jangan mengonsumsi colchicine jika Anda alergi terhadap obat ini. Selalu beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita gagal ginjal atau sedang menjalani cuci darah. Colchicine tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi tersebut.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita penyakit ginjal, penyakit jantung dan pembuluh darah, ulkus kornea, atau penyakit hati.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama menjalani pengobatan dengan colchicine karena dapat menurunkan efektivitas obat.
  • Jika berencana menjalani perawatan gigi atau operasi, beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi colchicine.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi colchicine

Dosis dan Aturan Pakai Colchicine

Berikut ini adalah dosis umum colchicine untuk orang dewasa berdasarkan tujuan penggunaannya:

Tujuan: Meredakan serangan penyakit asam urat

Dosis awal 1 mg, dilanjutkan dengan 0,5 mg 1 jam setelahnya. Pengobatan dapat dilakukan dalam waktu 12 jam sejak keluhan pertama muncul. Dosis maksimal 0,5 mg per 8 jam sampai gejala hilang atau setelah mencapai dosis maksimal 6 mg. Bila sudah mencapai dosis maksimal, colchine baru boleh dikonsumsi 3 hari kemudian.

Tujuan: Mencegah terjadinya serangan penyakit asam urat

Dosisnya adalah 0,5 mg, 2 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Colchicine dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan bacalah informasi yang tertera pada label kemasan obat sebelum mengonsumsi colchicine. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping serius.

Colchicine dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Minum obat dengan air putih.

Segera konsumsi colchicine ketika gejala pertama serangan penyakit asam urat muncul, agar hasil pengobatan lebih optimal. Jangan menunda-nunda mengonsumsi colchicine, karena pengobatan bisa jadi kurang efektif.

Jika setelah 1 jam nyeri sendi masih terasa, Anda mungkin perlu mengonsumsi colchicine lagi dengan dosis yang lebih rendah, sesuai petunjuk dokter.

Penggunaan colchicine dalam jangka panjang perlu disertai dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin, sehingga dokter dapat memantau perkembangan kesehatan Anda.

Untuk memaksimalkan pengobatan, penggunaan colchicine harus diiringi pengurangan konsumsi makanan tinggi purin, seperti hati ayam atau ikan sarden.

Simpan colchicine dalam wadah tertutup di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Colchicine dengan Obat Lain

Penggunaan colchicine bersamaan dengan obat-obatan lain dapat menimbulkan efek interaksi antarobat di bawah ini:

Selain itu, jika dikonsumsi bersama grapefruit, kadar colchicine di dalam darah dapat meningkat, bahkan pada kadar yang bisa menyebabkan keracunan obat.

Efek Samping Colchicine

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan colchicine adalah:

Periksakan ke dokter jika efek samping di atas tak kunjung mereda atau justru semakin memburuk. Segera hentikan konsumsi colchicine dan temui dokter bila terjadi reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti: