Memantine adalah obat untuk mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Memantine tidak dapat menyembuhkan, melainkan hanya memperlambat perkembangan gejala-gejala penyakit Alzheimer.

Memantine bekerja dengan cara menghambat zat kimia otak yang disebut glutamat. Zat ini dikaitkan dengan timbulnya gejala penyakit Alzheimer. Memantine digunakan untuk mengobati demensia sedang sampai berat yang dialami oleh penderita penyakit Alzheimer.

memantine - Alodokter

Merek dagang memantine: Abixa, Nemdatine

Apa Itu Memantine

Golongan Obat penyakit degenerasi saraf
Kategori Obat resep
Manfaat Mengurangi gejala penyakit Alzheimer
Dikonsumsi oleh Dewasa
Memantine untuk ibu hamil dan menyusui Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Belum diketahui apakah memantine dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter.

Bentuk obat Tablet salut selaput

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Memantine

Memantine tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Sebelum mengonsumsi obat ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi memantine jika Anda alergi terhadap obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, penyakit mata, kejang, gangguan ginjal, atau gangguan hati.
  • Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan kegiatan yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengonsumsi memantine, karena obat ini dapat membuat Anda pusing atau mengantuk.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi memantine.

Dosis dan Aturan Pakai Memantine

Memantine hanya boleh digunakan sesuai resep dokter. Dosis awal memantine adalah 5 mg, 1 kali sehari, pada minggu pertama. Dosis dapat ditingkatkan sebanyak 5 mg setiap minggu, hingga dosis maksimal 20 mg per hari.

Cara Mengonsumsi Memantine dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan obat sebelum mulai mengonsumsi memantine.

Memantine bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Konsumsilah memantine secara teratur pada waktu yang sama setiap harinya. Jika kondisi memburuk setelah mengonsumsi memantine, segera hubungi dokter.

Simpan memantine di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung, kelembapan, maupun suhu panas. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Memantine dengan Obat Lain

Memantine dapat menimbulkan interaksi obat jika digunakan dengan obat-obatan lain. Berikut adalah beberapa interaksi obat yang dapat terjadi:

  • Menurunkan efek obat phenobarbital atau antipsikotik
  • Meningkatkan risiko terjadinya efek samping memantine jika digunakan dengan amantadine, dextromethorpan, tafenaquine, atau ketamine
  • Meningkatkan efek dari levodopa, dopamine, atau antikolinergik, seperti chlorpheniramine
  • Menurunkan fungsi ginjal dalam membuang memantine jika digunakan dengan natrium bikarbonat atau obat penghambat karbonik anhydrase, seperti acetazolamide
  • Meningkatkan kadar cimetidine, ranitidine, procainamide, atau kina di dalam darah
  • Menurunkan kadar hydrochlorothiazide di dalam darah
  • Mengganggu efek obat antispasmodik, seperti papaverine

Efek Samping dan Bahaya Memantine

Efek samping yang dapat timbul setelah mengonsumsi memantine adalah:

Konsultasikan dengan dokter jika efek samping di atas tidak segera mereda atau semakin memberat. Anda perlu segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau efek samping serius yang jarang terjadi, seperti:

Selain itu, memantine yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya gejala overdosis obat, seperti:

Segera ke dokter jika Anda mengalami keluhan dan gejala di atas setelah mengonsumsi memantine.