Manfaat coklat hitam atau dark chocolate sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan sehat yang satu ini diketahui dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, serta memelihara kesehatan otak dan jantung. Tentunya, berbagai manfaat coklat hitam ini tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya.

Coklat adalah jenis makanan yang terbuat dari tanaman kakao. Coklat terdiri dari beragam jenis, salah satunya adalah coklat hitam. Hal yang membedakan coklat hitam dengan jenis coklat lainnya adalah kandungan tanaman kakao yang digunakan sebagai bahan dasar.

Kandungan dan Manfaat Coklat Hitam Ini Sayang Dilewatkan - Alodokter

Coklat biasa yang banyak tersedia di pasaran biasanya sudah dicampur susu dan gula serta hanya mengandung 10% tanaman kakao. Sementara pada coklat hitam, kandungan kakao murni lebih banyak, yaitu antara 35–85%.

Selain itu, coklat hitam juga tidak dicampur susu dan mengandung lebih sedikit gula. Oleh sebab itu, cita rasa coklat hitam lebih kuat dan pahit dibandingkan coklat biasa.  

Kandungan Nutrisi Coklat Hitam

Coklat hitam mengandung beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi sekitar 100 gram coklat hitam, Anda bisa mendapatkan beberapa nutrisi berikut ini:

  • 11 gram serat
  • 46 gram karbohidrat
  • 43 gram lemak
  • 7 gram protein
  • 230 miligram magnesium
  • 200 miligram fosfor
  • 12 miligram zat besi

Selain itu, coklat hitam juga diperkaya theobromine (zat antiradang yang hanya terdapat pada tanaman kakao), kafein, dan sejumlah vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K. Anda pun bisa mendapatkan berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol, flavanoid, dan katekin, dalam jumlah tinggi dari coklat hitam.

Manfaat Coklat Hitam

Menurut beberapa penelitian, batas konsumsi coklat hitam yang aman adalah sekitar 40 gram per harinya. Ini karena, di dalam coklat hitam terkandung kalori yang tinggi serta kafein dan lemak. Dalam seporsi coklat hitam, terkandung sekitar 230–250 kalori.

Jika dikonsumsi sebagai cemilan sehat dalam takaran yang tepat, coklat hitam dapat mendatangkan berbagai menfaat sebagai berikut:

1. Melindungi tubuh dari paparan radikal bebas

Sejumlah penelitian medis menyatakan bahwa tanaman kakao merupakan tumbuhan yang banyak mengandung zat antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya kanker.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti coklat hitam, maka kesehatan tubuh pun dapat terjaga.

2. Meredakan stres

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda stres, mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, hingga hubungan dengan pasangan. Jika sudah demikian, cobalah untuk menenangkan diri atau melakukan relaksasi sambil mengonsumsi coklat hitam.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa makan coklat hitam dapat meredakan stres, membantu menenangkan rasa cemas, dan memperbaiki mood. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin setiap hari selama 2 minggu, maka coklat hitam dapat mengurangi produksi hormon stres, sehingga stres pun bisa teratasi.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang banyak terkandung dalam coklat hitam memiliki peran besar dalam melancarkan aliran darah ke otak dan memelihara fungsi otak.

Berbagai riset juga menunjukkan bahwa konsumsi coklat hitam secara rutin dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif dan daya ingat, sehingga risiko menderita demensia dapat berkurang.

Selain itu, coklat hitam ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke, yang merupakan satu penyakit penyebab kematian dan kecacatan paling banyak di Indonesia.

Berdasarkan penelitian, orang yang rutin mengonsumsi coklat hitam setiap hari bahkan  memiliki risiko terkena stroke lebih rendah, dibandingkan orang yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi coklat sama sekali.

4. Menjaga tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung

Selain stroke, penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia adalah penyakit jantung. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit jantung adalah memiliki tekanan darah tinggi serta kolesterol berlebih.

Untuk mencegah hal tersebut, konsumsi coklat hitam bisa menjadi pilihan. Kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi pada coklat hitam terlihat bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam coklat hitam juga diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

5. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit

Kandungan antioksidan flavonoid pada coklat hitam juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit keriput dan penuaan dini kulit.

Coklat hitam pun mengandung berbagai nutrisi yang turut berperan dalam produksi kolagen. Protein ini memiliki peran penting dalam menjaga kelenturan dan kelembapan kulit, sehingga membuat kulit semakin terlihat menawan.

6. Menjaga gula darah tetap stabil

Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan nutrisi pada coklat hitam juga dapat menjaga gula darah tetap stabil dan memperbaiki kinerja hormon insulin. Efek ini baik untuk mengontrol penyakit diabetes.

Namun ingat, yang dikonsumsi ini adalah coklat hitam. Bukanlah coklat yang kaya gula dan susu ya, karena coklat tersebut justru mengandung banyak gula, sehingga justru dapat membuat gula darah menjadi naik.

Tips Membeli Coklat Hitam

Untuk mendapatkan coklat hitam yang berkualitas dengan rasa yang tentunya lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti sewaktu membelinya, antara lain:

  • Hindari membeli coklat hitam yang ditambah lemak trans, susu, gula, dan perasa buatan.
  • Pilih coklat hitam yang terbuat dari 70% kakao.
  • Pilih coklat hitam yang tidak melalui proses alkalisasi, yaitu penambahan bahan alkali dalam proses pengolahan bubuk kakao.
  • Pilih coklat hitam yang berlabel organik.
  • Pilih coklat hitam yang ditambahkan kacang, seperti kacang almond dan kacang mete, untuk memperkaya nutrisi.

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja manfaat dan kandungan nutrisi pada coklat hitam, kan? Jadi, jika sebelumnya Anda sering mengonsumsi camilan yang kurang sehat, seperti gorengan, es krim, atau coklat manis, mulai sekarang, cobalah beralih ke camilan sehat, seperti coklat hitam.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat dan konsumsi coklat hitam, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini, ya.