Leflunomide adalah obat untuk mengobati rheumatoid arthritis atau psoriasis arthritis. Obat ini tidak boleh digunakan sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter. Leflunomide tersedia dalam bentuk tablet.

Rheumatoid arthritis adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang sel-sel sendi yang sehat sehingga menyebabkan radang sendi. Leflunomide akan menekan kerja sistem imun sehingga peradangan pada sendi berkurang dan pembengkakan sendi dapat mereda.

Leflunomide - Alodokter

Merek dagang leflunomide: Arava

Apa Itu Leflunomide

Golongan Obat resep
Kategori Antirematik (disease-modifying antirheumatic drugs)
Manfaat Mengobati rheumatoid arthritis atau psoriasis arthritis
Dikonsumsi oleh Dewasa
Leflunomide untuk ibu hamil dan menyusui

 

Kategori X: Studi pada binatang percobaan dan manusia telah memperlihatkan adanya abnormalitas terhadap janin atau adanya risiko terhadap janin.

Obat dalam kategori ini tidak boleh digunakan oleh wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.

Leflunomide belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Tablet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Leflunomide

Leflunomide hanya boleh digunakan sesuai resep dokter. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi leflunomide:

  • Jangan mengonsumsi leflunomide jika Anda alergi terhadap obat ini. Selalu beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita gagal hati, gagal ginjal, penyakit infeksi yang berat, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Leflunomide sebaiknya tidak digunakan pada pasien tersebut.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau pernah menderita TBC, kanker, kelainan darah, gangguan sumsum tulang, kecanduan alkohol, tekanan darah tinggi, atau penyakit paru.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama Anda menjalani pengobatan dengan leflunomide, karena akan meningkatkan risiko kerusakan hati.
  • Sebisa mungkin hindari kontak erat dengan penderita penyakit infeksi yang mudah menular, seperti cacar air atau flu, karena obat ini dapat mempermudah Anda terkena infeksi.
  • Beri tahu dokter jika Anda berencana untuk melakukan vaksinasi selama menjalani pengobatan dengan leflunomide karena obat ini dapat mempengaruhi efektivitas vaksin.
  • Jangan mengemudikan kendaraaan atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengonsumsi leflunomide, karena obat ini bisa menyebabkan pusing.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan. Gunakan alat kontrasepsi yang efektif selama menjalani pengobatan dengan leflunomide untuk mencegah kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi leflunomide.

Dosis dan Aturan Pakai Leflunomide

Dosis leflunomide akan ditentukan oleh dokter. Secara umum, dosis leflunomide untuk mengobati rheumatoid arthritis atau psoriasis arthritis untuk pasien dewasa adalah 100 mg, 1 kali sehari, selama 3 hari pertama. Dosis pemeliharan adalah 10–20 mg, 1 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Leflunomide dengan Benar

Baca petunjuk yang tertera pada kemasan obat dan ikuti anjuran dokter sebelum mengonsumsi leflunomide. Jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Leflunomide dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Telan obat ini dalam kondisi utuh. Jangan menghancurkan, mengunyah, atau membelah obat ini karena dapat memengaruhi efektivitas obat.

Jika lupa mengonsumsi leflunomide, segera minum jika belum mendekati waktu dosis berikutnya. Jika sudah dekat, abaikan dosis yang terlewat. Jangan menggandakan dosis leflunomide untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Selama menjalani pengobatan dengan leflunomide, Anda akan diminta untuk melakukan kontrol secara rutin serta menjalani tes darah dan pemeriksaan fungsi hati secara berkala.

Simpan leflunomide pada suhu ruangan dan letakkan di dalam wadah tertutup. Hindarkan obat dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Leflunomide dengan Obat Lain

Berikut ini adalah sejumlah efek interaksi yang dapat terjadi jika leflunomide dikonsumsi bersama dengan obat lain:

  • Penurunan kadar leflunomide dalam darah jika dikonsumsi dengan cholestyramine, arang aktif, atau rifampicin
  • Peningkatan risiko terjadinya kerusakan hati jika dikonsumsi dengan aspirin, celecoxib, methotrexate, acarbose, amiodarone, bupropion, ketorolac, atau acetaminophen
  • Peningkatan risiko terjadinya anemia jika dikonsumsi dengan hydroxychloroquine atau infliximab
  • Peningkatan risiko terjadinya penyakit infeksi yang berat jika dikonsumsi dengan busulfan, cortisone, atau hydroxyurea
  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping dari vaksin hidup, seperti vaksin BCG

Selain itu, jika leflunomide dikonsumsi bersama minuman beralkohol, risiko terjadinya kerusakan hati akan meningkat. Jika digunakan dengan echinacea, efek terapi dari leflunomide bisa menurun.

Efek Samping dan Bahaya Leflunomide

Beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah mengonsumsi leflunomide adalah:

Periksakan diri ke dokter jika keluhan di atas tidak kunjung reda. Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau mengalami efek samping yang lebih serius, seperti:

Selain itu, obat ini juga bisa meningkatkan risiko untuk terkena infeksi. Segera ke dokter jika Anda mengalami demam, menggigil, kelenjar getah bening bengkak, atau sakit tenggorokan yang tidak kunjung membaik.