Vitamin adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi organ tubuh agar bisa bekerja dengan baik dan memelihara tubuh tetap sehat. Vitamin dapat diperoleh secara alami dari makanan atau dari suplemen yang bisa diminum ketika asupan vitamin dari makanan tidak cukup.

Vitamin terbagi dua, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin larut lemak akan diproses oleh tubuh dan disimpan di hati, jaringan lemak, serta otot tubuh. Vitamin yang termasuk dalam jenis vitamin larut lemak adalah, vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin

Sementara itu, vitamin larut air tidak disimpan oleh tubuh. Vitamin ini menyebar ke seluruh tubuh lewat darah dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, sisa vitamin yang tidak dipakai akan dibuang melalui urine maupun feses. Vitamin larut air adalah vitamin C dan semua jenis vitamin B.

Jenis, Merek Dagang, dan Dosis Vitamin

Suplemen vitamin bisa menjadi solusi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan vitamin harian. Berikut ini adalah jenis-jenis vitamin beserta merk dagangnya:

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, sistem imun, dan pertumbuhan sel. Vitamin A juga penting untuk membuat kulit tetap sehat.

Bentuk produk: Tablet dan kapsul
Merek dagang: Eyevision Vitamin A and D Soft Capsule, GNC Vitamin A & D, Nature's Plus SP Antiox, Renovit Gold, Vitamin A IPI

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin A.

2. Vitamin B

Vitamin B terdiri dari 8 jenis vitamin. Kelompok vitamin ini disebut juga Vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks secara umum membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi dan juga berperan dalam produksi sel darah merah. Namun, masing-masing vitamin ini juga memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. 

Berikut ini adalah jenis-jenis vitamin B:

Vitamin B1

Bentuk produk: Tablet dan suntik
Merek dagang: Farbion, Neurobion, Neurodex

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B1.

Vitamin B2

Bentuk produk: Tablet, sirop, dan kapsul
Merek dagang: Arkavit C, Curcuma Plus, Momilen PL, Nutrimax B Complex, Surbex Pramilet

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B2

Vitamin B3

Bentuk produk: Tablet, kapsul, dan kaplet
Merek dagang: Berocca Performance Effervescent, Bexicom, Engran Multivitamin & Mineral, Folamil Genio, Hemaviton Cardio, Hufavicee, Nutriwell Vitamin B Complex

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B3

Vitamin B5

Bentuk produk: Tablet, kaplet, kapsul, sirop, dan suntik
Merek dagang: Cernevit, Nutrimax B Complex, Lexavit, Metcom-C, Selkom-C, Vitamin B Complex

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B5.

Vitamin B6

Bentuk produk: Tablet, kaplet, sirop, dan suntik
Merek dagang: Becom-Zet, Vitamin B6, Liconam-10, Neurodex, Pyridoxine

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B6.

Vitamin B7

Bentuk produk: Tablet, kapsul, sirop, bubuk, dan suntik
Merek dagang: Bios Life C, Cernevit, Folimid, Hemaviton Stamina Plus, Renovit Go, Soluvit N, Usana Vitox, Vivena-9, Wellwoman, Zamel

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B7.

Vitamin B9

Bentuk produk: Tablet, sirop, kaplet, kapsul, serbuk, dan suntik
Merek dagang: Anemolat, Camabion, Ferrolat, Folic Acid, Folavit, Geriavita, Sakatonik Liver, Sangobion Kids, Soluvit N, Tablet Tambah Darah

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B9.

Vitamin B12

Bentuk produk: Tablet, tablet kunyah, tablet effervescent, kapsul, sirop, dan suntik
Merek dagang: Becombion Syrup, Nature's Plus Vitamin B12, Nutrimax B Complex, Ramvit Vitamin B12, Vitamin B12 IPI, Vira Vitamin B12, Wellness Mega B Complex, Neurobion, Neurosanbe

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin B12.

3. Vitamin C

Vitamin C digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat pemulihan saat sakit, serta menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jantung.

Bentuk produk: Tablet, tablet isap, tablet kunyah, tablet effervescent, kapsul, bubuk, sirop, cairan, dan suntik
Merek dagang: Arkavit C, Blackmores Bio C, Biolysin Kids C, CDR, Enervon C, Ever C, Hevit-C, Nutracare Ester C, Nutrimax C Max, Prove-C, Ramvit C, Redoxon, Vicee 500, Vita C, Vitamin C IPI, Vitalong C, Wellness Excell C, Xon-Ce

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin C.

4. Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Vitamin ini dapat digunakan untuk meningkatkan sistem imun, serta menjaga kesehatan tulang, gigi dan otot. Vitamin D terbagi dua:

Vitamin D2

Bentuk produk: Tablet, kapsul, dan suntik
Merek dagang: Treelains Kids Multivitamins Chewable, Nature`s Plus Prenatal, Nature`s Plus Regeneration Multivitamin & Mineral, GNC Calcium 1000 mg, Corovit

Kondisi: Kekurangan vitamin D

  • Dosis pencegahan sebanyak 400 IU per hari. Sementara itu, dosis pengobatan sebanyak 800 IU per hari.

Kondisi: Hipofosfatemia familial dan rakitis yang resisten terhadap vitamin D 

  • 12.000-500.000 IU per hari. Dosis dapat disesuaikan dengan kondisi pasien.

Kondisi: Hipoparatiroidisme

  • 50.000-200.000 IU per hari, dikombinasikan dengan suplemen kalsium atau hormon paratiroid.

Vitamin D3

Bentuk produk: Tablet dan kapsul
Merek dagang: Aier Vitamin D3 1000 IU, Fortiboost D3 1000, Konilife D1000, Max-D 5000, Siobion, Ultraway Vitamin D3 1000 IU

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin D3.

5. Vitamin E

Vitamin E berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, mata, otak, dan organ reproduksi. Vitamin ini memiliki efek antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis.

Bentuk produk: Tablet, tablet kunyah, dan kapsul
Merek dagang: Alive Biocom-E, Camivit E, Ever E, Holi Vitamin E, IPI Vitamin E, Max-E, Nature E, Nature's Health Vitamin E, Nutracare Vitamin E, Santa E, Sido Muncul Vitamin E, Sea Quill Vitamin E, Tocofen, Wellness Vitamin E

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin E.

6. Vitamin K

Vitamin K bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah, penyembuhan luka, dan kesehatan tulang. Orang yang kekurangan vitamin ini cenderung mudah mengalami perdarahan dan luka yang sulit sembuh.

Bentuk produk: Tablet, kapsul, dan suntik
Merek dagang: Hi-Bone 600, K2D3, K2-Bone, MyWell Vitamin D3+K2 (Natural MK-7), Nutamins Active K2 Plus Multivitamin, Nutrimax Vitamin D3+K2, Vitalife D3 400 IU+K2 MK-7 1% 120 mcg, Ultigar Vitamin K2 D3, Ultraway Vitamin K2 D3

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan buka laman produk vitamin K.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Vitamin 

Perhatikan aturan pakai yang terdapat pada kemasan dan ikuti anjuran dokter selama menggunakan vitamin. Sebelum minum vitamin, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Vitamin tidak boleh digunakan oleh pasien yang alergi terhadap produk ini.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai pemakaian suplemen yang mengandung vitamin A jika Anda pernah atau sedang menderita defisiensi zat besi atau zinc, anemia, penyakit liver, penyakit ginjal, atau malnutrisi.
  • Diskusikan dengan dokter mengenai konsumsi vitamin B jika Anda pernah atau sedang menderita rheumatoid arthritis, infeksi HIV, penyakit celiac, atau radang usus.
  • Informasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C jika Anda menderita defisiensi enzim G6PD, diabetes, hemokromatosis, gagal ginjal kronis, atau batu ginjal.
  • Beri tahu dokter dokter perihal penggunaan suplemen vitamin D jika Anda pernah atau sedang menderita hipervitaminosis D, malabsorbsi makanan, hiperkalsemia, gangguan elektrolit, atau penyakit jantung.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan suplemen vitamin E jika Anda pernah atau sedang menderita retinitis pigmentosa, gangguan pembekuan darah,  anemia, kanker, atau baru saja mengalami serangan jantung maupun stroke.
  • Beri tahu dokter perihal penggunaan suplemen vitamin K jika Anda pernah atau sedang mengalami gangguan pankreas, diare kronis, gangguan kandung empedu, atau gangguan pencernaan
  • Diskusikan dengan dokter mengenai penggunaan suplemen ini jika Anda sedang menyusui, hamil, atau sedang merencanakan kehamilan. 
  • Informasikan kepada dokter jika Anda sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk herbal. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya interaksi antarobat.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi setelah minum vitamin.

Efek Samping dan Bahaya Vitamin

Suplemen dengan kandungan vitamin jarang menimbulkan efek samping. Namun, pada sebagian orang, ada beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah menggunakan suplemen vitamin, yaitu:

  • Sembelit
  • Diare
  • Sakit perut
  • Mual

Efek samping ini umumnya bersifat sementara dan akan menghilang ketika tubuh Anda sudah terbiasa mengonsumsi vitamin. Periksakan diri ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung reda. Segera cari pertolongan medis jika muncul gejala alergi setelah minum suplemen vitamin.

Vitamin larut lemak tidak langsung dibuang oleh tubuh. Oleh karena itu, kelompok vitamin ini juga bisa menyebabkan efek samping jika digunakan secara berlebihan. Berikut ini adalah efek samping yang bisa terjadi:

Vitamin A

Suplemen vitamin A dalam bentuk retinol dapat menyebabkan overdosis jika digunakan berlebihan, berbeda dengan vitamin A dalam bentuk beta karoten yang cenderung lebih aman. Gejala overdosis vitamin A bisa berupa:

  • Kulit kering
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Hilang nafsu makan
  • Pusing
  • Penglihatan kabur

Vitamin D

Keluhan yang bisa muncul akibat kelebihan vitamin D adalah:

  • Pertumbuhan mental dan fisik terhambat
  • Nafsu makan berkurang
  • Mual 
  • Muntah

Vitamin E

Gejala overdosis vitamin E antara lain:

  • Lemah otot
  • Mual dan diare
  • Gangguan pembekuan darah
  • Perdarahan yang sulit berhenti
  • Stroke hemoragik

Vitamin K

Overdosis vitamin K sangat jarang terjadi. Namun, jika terjadi, bisa saja muncul keluhan berikut: