Pneumonia adalah radang pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Umumnya, pneumonia terjadi saat kuman yang masuk ke dalam saluran pernapasan mengalahkan sistem kekebalan tubuh dan akhirnya menyebabkan infeksi.

Pneumonia juga bisa dipicu oleh masuknya bahan atau zat tertentu ke dalam paru-paru (aspirasi paru) yang selanjutnya mencetuskan peradangan dan infeksi. Kondisi ini disebut juga dengan pneumonia aspirasi.

Selain itu, pneumonia juga bisa dipicu oleh sumbatan saluran napas akibat tumor atau penyakit paru obstruksi kronis (PPOK). Kondisi ini bisa menyebabkan berkembangnya bakteri di paru-paru.

Jika dibagi berdasarkan kuman penyebabnya, pneumonia dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:

Pneumonia akibat bakteri

Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri biasanya hanya terjadi pada salah satu bagian paru. Ada beberapa bakteri yang dapat menjadi penyebab pneumonia, yaitu Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenza, dan Staphylococcus aureus.

Selain itu, ada beberapa bakteri lain yang juga bisa menyebabkan pneumonia namun dengan gejala yang lebih ringan, yaitu Mycoplasma pneumoniae, Chlamydophila pneumoniae, dan Legionella pneumophila.

Pneumonia akibat virus

Sebagian virus penyebab batuk, pilek, atau flu juga bisa menyebabkan pneumonia. Beberapa kelompok virus yang dapat menyebabkan pneumonia adalah adenovirus, virus influenza, hantavirus, dan coronavirus yang menyebabkan SARS, MERS, dan COVID 19.

Umumnya, pneumonia karena virus menimbulkan gejala yang lebih ringan dan lebih singkat daripada pneumonia karena bakteri. Namun, ada juga pneumonia akibat virus yang bisa memburuk dengan cepat, misalnya infeksi virus Corona (SARS-CoV-2).

Pneumonia akibat jamur

Selain virus dan bakteri, beberapa jenis jamur juga dapat menyebabkan pneumonia, yaitu Cryprococcus, Coccidioides, dan Histoplasma.

Seseorang dapat mengalami pneumonia akibat jamur jika menghirup spora jamur dalam jumlah banyak. Spora jamur sering terdapat pada tanah atau kotoran burung. Pneumonia akibat jamur juga lebih sering menyerang orang dengan penyakit kronis atau orang dengan sistem imun yang lemah.

Selain berdasarkan kuman penyebabnya, pneumonia juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat terjadinya penularan, yaitu:

  • Community-acquired pneumonia, yaitu jenis pneumonia yang paling sering terjadi dan penularannya terjadi di tengah masyarakat
  • Hospital-acquired pneumonia, yaitu pneumonia yang penularannya terjadi ketika seseorang menjalani perawatan di rumah sakit

Faktor Risiko Pneumonia

Semua orang bisa mengalami pneumonia, tetapi ada beberapa orang yang lebih berisiko terserang pneumonia, yaitu:

  • Bayi atau anak-anak berusia di bawah 2 tahun
  • Lansia atau yang telah berusia di atas 65 tahun
  • Perokok, pecandu alkohol, dan pengguna narkoba
  • Penderita penyakit paru dan saluran pernapasan, seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  • Pasien di rumah sakit, terutama pasien yang menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator
  • Orang dengan sistem imun yang lemah, misalnya penderita HIV, penderita diabetes, orang yang menjalani kemoterapi, atau penerima transplantasi organ