Bodrex adalah obat yang bermanfaat untuk meringankan sakit kepala, sakit gigi, dan demam. Selain itu, obat ini juga memiliki varian yang ditujukan untuk  meredakan gejala flu, seperti bersin, hidung tersumbat, batuk berdahak, atau batuk kering.

Salah satu kandungan utama Bodrex adalah paracetamol. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi pusat pengontrol suhu tubuh di otak dan mengurangi produksi prostaglandin, sehingga bisa menurunkan suhu tubuh saat demam dan meredakan nyeri.

Bodrex - Alodokter

Jenis dan Kandungan Bodrex

Ada tujuh jenis produk Bodrex yang dijual secara bebas di Indonesia dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda, yaitu:

1. Bodrex
Obat ini bermanfaat untuk meringankan sakit kepala, sakit gigi, dan meredakan demam. Tiap tablet Bodrex mengandung 600 mg paracetamol dan 50 mg kafein.

2. Bodrex Extra
Obat ini bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala tegang. Tiap kaplet Bodrex Extra mengandung 350 mg paracetamol, 200 mg ibuprofen, dan 50 mg kafein

3. Bodrex Migra
Obat ini bermanfaat untuk meredakan migrain atau sakit kepala sebelah. Tiap kaplet Bodrex Migra mengandung 350 mg paracetamol, 150 mg propyphenazone, dan 50 mg kafein.

4. Bodrex Flu dan Batuk PE
Obat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala flu, seperti demam, pilek, hidung tersumbat, serta batuk tidak berdahak. Bodrex Flu dan Batuk PE tersedia dalam bentuk kaplet dan sirop. Tiap kaplet Bodrex Flu dan Batuk PE mengandung 500 mg paracetamol, 10 mg phenylephrine, dan 12 mg dextromethorphan. Tiap 5 ml sirop Bodrex Flu dan Batuk PE mengandung 150 mg paracetamol, 3,5 mg phenylephrine HCl, dan 4 mg dextromethorphan HBr.

5. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE
Obat ini bermanfaat untuk meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, pilek, dan hidung tersumbat, yang disertai batuk berdahak. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE tersedia dalam bentuk kaplet dan sirop.
Tiap kaplet Bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE mengandung 500 mg paracetamol, 10 mg phenylephrine HCl, 50 mg guaifenesin, dan 8 mg bromhexine HCl. Tiap 5 ml sirop Bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE mengandung 150 mg paracetamol, 3,5 mg phenylephrine, 50 mg guaifenesin, serta 2,6 mg bromhexine HCl.

6. Bodrex Herbal Batuk
Obat ini bermanfaat untuk meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Tiap 15 ml sirop Bodrex Herbal Batuk mengandung 200 mg akar kayu manis, 500 mg thymi, 150 mg kencur, 150 mg daun sirih, 100 mg daun sembung, 150 mg jeruk nipis, 450 mg jahe, 150 mg biji pala, 1.000 mg madu, 200 mg cabe jawa, 7,5 mg minyak peppermint. Selain itu, terdapat kandungan natrium benzoat, natrium sakarin, acesulfame-K, mentol, perisa peppermint, dan karamel pada Bodrex Herbal Batuk.

7. Bodrex Herbal Sakit Kepala
Obat ini bermanfaat untuk meredakan sakit kepala. Tiap tablet salut selaput mengandung 200 mg feverfew extract (tanacetum parthenium herba), 50 mg willow bark extract (salix alba cortex), dan 136 mg guarana extract (paullina cupana fructus).

Apa Itu Bodrex

Golongan Obat bebas terbatas
Kategori Obat antidemam dan antinyeri (antipiretik-analgetik)
Dikonsumsi oleh Anak usia >6 tahun hingga dewasa
Bodrex untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Kombinasi parasetamol dan kafein tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil atau ibu menyusui.

Bentuk obat Tablet, kaplet, dan sirup

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Bodrex

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi Bodrex:

  • Jangan mengonsumsi Bodrex jika Anda alergi terhadap kandungan dalam obat ini.
  • Beberapa varian Bodrex mengandung kombinasi beberapa obat, konsultasikan dengan jika Anda menderita porfiria, penyakit ginjal, penyakit liver, gangguan jantung, glaukoma, gangguan pembekuan darah, diabetes, penyakit tiroid, retensi urin, hipertensi, asma, lupus, tukak lambung, atau perdarahan saluran cerna.
  • Jangan mengonsumsi Bodrex Flu dan Batuk PE jika Anda sedang menggunakan antidepresan golongan monoamine oxidase inhibitors (MAOI) dalam kurun waktu 14 hari terakhir.
  • Konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen dan produk herbal.
  • Konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi Bodrex jika berencana menjalani operasi, termasuk operasi gigi.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol saat menjalani pengobatan dengan obat ini.
  • Hubungi dokter jika demam atau sakit kepala tidak kunjung membaik setelah penggunaan Bodrex selama 3 hari.
  • Segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan Bodrex.

Dosis dan Aturan Pakai Bodrex

Berikut adalah rincian dosis umum Bodrex berdasarkan varian produknya:

1. Bodrex
Kondisi: Sakit kepala, sakit gigi, atau demam

  • Dewasa: 1 tablet, 3–4 kali sehari.
  • Anak usia >12 tahun: 1 tablet, 3–4 kali sehari.
  • Anak usia 6–12 tahun: 0,5–1 tablet, 3–4 kali sehari.

2. Bodrex Extra
Kondisi: Sakit kepala

  • Anak usia >12 tahun dan dewasa: 1–2 tablet, 3–4 kali sehari.

3. Bodrex Migra
Kondisi: Migrain

  • Dewasa: 1 kaplet, 3 kali sehari.

4. Bodrex Flu dan Batuk PE
Kondisi: Flu, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, atau bersin yang disertai batuk tidak berdahak

  • Dewasa: 1 kaplet, 3 kali sehari atau 15 ml, 3 kali sehari

5. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE
Kondisi: Flu, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, atau bersin yang disertai batuk berdahak

  • Dewasa: 1 kaplet, 3 kali sehari atau 15 ml, 3 kali sehari.

6. Bodrex Herbal Batuk
Kondisi: Batuk

  • Dewasa: 1 sachet 15 ml, 3 kali sehari.

7. Bodrex Herbal Sakit Kepala
Kondisi: Sakit kepala

  • Dewasa: 1–2 tablet salut selaput, 3 kali sehari sesudah makan.

Cara Mengonsumsi Bodrex dengan Benar

Konsumsi Bodrex sesuai keterangan yang tertera dalam kemasan atau konsultasikan penggunaan Bodrex dengan dokter. Produk ini hanya dikonsumsi saat dibutuhkan dan tidak ditujukan untuk konsumsi jangka panjang. Jangan menambahkan dosis atau durasi penggunaan obat tanpa petunjuk dokter.

Bodrex dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Konsumsi Bodrex bersama segelas air.

Bodrex dalam bentuk tablet atau kaplet perlu dikonsumsi secara utuh. Jangan menggigit, mengunyah, atau menghancurkan obat. Bodrex dalam bentuk sirop perlu dikonsumsi sesuai wadah takarannya agar dosisnya tepat.

Sementara itu, Bodrex dalam bentuk sirop di dalam sachet dapat langsung dikonsumsi atau dicampurkan ke dalam teh terlebih dulu.

Jika lupa mengonsumsi Bodrex, segera konsumsi obat tersebut bila jeda waktu dengan dosis selanjutnya belum terlalu dekat. Apabila sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan Bodrex dalam kemasannya di tempat yang kering dan sejuk. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Bodrex dengan Obat Lain

Efek interaksi obat yang bisa terjadi jika Bodrex digunakan dengan obat lain tergantung pada varian atau jenisnya, karena tiap varian mengandung obat atau kombinasi obat yang berbeda.

Bodrex Flu dan Batuk Kering PE sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan obat golongan MAOI, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya krisis hipertensi.

Bodrex Extra yang mengandung kombinasi paracetamol, kafein, dan ibuprofen sebaiknya tidak digunakan bersama lithium atau methotrexate karena bisa meningkatkan risiko terjadinya keracunan obat.

Risiko terjadinya kerusakan hati dapat meningkat jika mengonsumsi minuman alkohol bersama Bodrex.

Selain itu, karena kandungan utama Bodrex adalah paracetamol, risiko terjadinya kerusakan hati juga akan meningkat jika Bodrex dikonsumsi bersama leflunomide atau lopitamide.

Untuk mencegah interaksi obat, selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi Bodrex bersama obat, produk herbal, atau suplemen apa pun.

Efek Samping dan Bahaya Bodrex

Efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi Bodrex tergantung pada jenis atau varian produk yang dikonsumsi. Kombinasi paracetamol dan kafein yang ada di dalam Bodrex jarang menimbulkan efek samping jika dikonsumsi sesuai aturan pakai yang tertera di kemasan.

Untuk varian Bodrex Extra, beberapa efek samping yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

Selain itu, untuk varian Bodrex Flu dan Batuk kering, bisa terjadi efek samping berupa tremor, gelisah, mual, mulut kering, atau sulit tidur.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau semakin memburuk. Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat setelah mengonsumsi Bodrex.